Susah oper gigi Supra 125, selip dan keras

Susah oper gigi Supra 125, selip dan keras –

Fightomotive.com // Haill Brad’s… Sharing pengalaman problem klasik Motor Bebek besutan PT Astra Honda Motor yaitu susah oper gigi Supra 125. Dan memang sudah menjadi cirikhas generasi 125 terkadanf oper gigi keras dan kasar serta selip pada momen tertentu.

Susah oper gigi Supra

Pedal Perseneling New Supra X 125FI yang kadang keras dan selip

Susah oper gigi Supra

Yaps… Gejala seperti ini pernah Mas Jeck alami sejak sesekali menggunakan New Supra X 125 Batman atau Karbu sebagai motor operasional. Tapi karena ga tiap hari make ya anggep aja bukan masalah, dan kondisi ini berbeda dengan Honda Blade 110 saya. Dimana jarang banget mengalami masalah saat oper gigi, mungkin walaupun sesama produk Honda mesin dan racikanya berbeda sih. Nah kemarin setelah menukarkan MX-Trail (NJMX135) menjadi Honda Supra X125 Injeksi yang saya beri nama Suboer ternyata meninggalkan sedikit PR.

Susah oper gigi Supra

Perseneling Supra 125 keras dan Selip saat oper gigi

Selain adaptasi terhadap karakter motor yang sangat jauh berbeda ternyata pas riding sering banget ada masalah kecil Brad’s. Yaitu saat kecepatan tinggi mau oper gigi ternyata nyelos dan ga nyangkut ke gigi berikutnya, alhasil kehilangan momen untuk mendahului. Akhirnya terjadi engine break yang ga disengaja dan terdengar suara putaran kasar dan cetak pada bagian perseneling. Jadi ngilu dan was-was juga sih, apalagi kondisi gagal nyalip kadang bisa membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Mengatasi perseneling Supra keras dan selip

Sebenarnya tingkat permasalahan perseneling Supra yang keras dan selip ini bermacam-macam ya mulai ringan dan serius dengan penanganan berbeda beda. Mulai perawatan ringan sampai harus dilakukan penggantian komponen, kebetulan yang saya alami termasuk ringan nih. Pertama saya melakukan penggantian oli, lanjut penjajakan karakter motor terutama feel persenelingnya untuk mengetahui penyebab oper gigi keras dan selip.

Setelah beradaptasi beberapa hari dengan kecepatan rendah dan tinggi akhirnya ketemu sela untuk mengatasinya. Jadi saat oper gigi pilih momen yang pas yaitu RPM mesin jangan paling rendah atau terlalu lama jeda setelah gas dilepas. Usahakan saat oper gigi kondisi gas baru saja dilepas jadi ga kehilangan momen. Kemudian saat oper gigi setelah bunyi ceklek ujung kaki segera angkat dari step perseneling depan sampai ada bunyi cetik. Suara cetik dari ruang perseneling menandakan kondisi gigi siap dioper ketahap selanjutnya.

Honda Win 100 China, namanya Pantera Lifo 100

Perpisahan dengan Jupiter MX, kebersamaan setahun

Stiker Barcode dikaca mobil baru, lepas aja

Mas Ndaru adaptasi dengan Supra 125

Adaptasi dan kenali karakter motor

Ya… Tips diatas sebagian kecil untuk mengatasi permasalahan ringan masalah susah oper gigi pada Supra 125 Brad’s… Tapi tergantung tingkat permasalahanya ya, kalau berat berarti butuh penanganan lebih bahkan penggantian part tentunya…
Semoga bermanfaat…
Salam Fight and Ride..
By Mas Jeck ☠️

Penulis: JeckminatoR☠

Blog Jeckon7 ini merupakan Copy Paste dari Fightomotive.com, sekedar menyelamatkan artikel kalau Domain & Hosting hangus seperti yang pernah terjadi beberapa kali pada waktu lalu. berawal dari Lintangcruisers.com, Tinjumaniac.com, Psychomotive.net serta Fightomotive.com semua saya simpen disini artikelnya...

Tinggalkan komentar

Rancang situs seperti ini dengan WordPress.com
Ayo mulai